Dari Scratch-Indo-Wiki

Wikilogo2.png
Artikel ini menggunakan terjemahan yang belum umum. Alih bahasa yang belum disetujui dan belum masuk KBBI bisa berubah sewaktu-waktu. Jika kamu punya saran, bahaslah di portal komunitas.

Balok pelapor variabel
Variabel (Bahasa Inggris: Variable) adalah suatu nilai yang berubah atau mampu diubah yang disimpan dalam memori Scratch. Berbeda dengan daftar, variabel tidak mampu menampung lebih dari satu nilai pada waktu yang bersamaan. Nilai-nilai yang disimpan dapat berupa angka atau untaian (string). Variabel yang terisolasi di area skrip akan menampilkan gelembung kecil yang melaporkan nilai variabel tersebut jika diklik. Berbeda dengan banyak bahasa pemrograman lainnya, variabel harus dibuat sebelum karya dijalankan. Hal ini mengakibatkan sebagian kecil nilai disimpan di RAM untuk digunakan saat karya berjalan.

Variabel dibuat dengan tombol Buat sebuah Variabel di palet variabel.


Balok Variabel

Lima balok variabel.

Ada lima jenis balok yang berkaitan dengan variabel:

  • (nama variabel)
  • atur () ke ()
  • ubah () sebesar ()
  • tampilkan variabel ()
  • sembunyikan variabel ()

Jenis

Di Scratch 1.4, ada dua jenis variabel, yaitu variabel umum (global), dan pribadi (lokal). Di Scratch 2.0, ditambahkan satu jenis variabel baru, yaitu cloud, yang disimpan di server sehingga semua Scratcher yang mengakses karya mendapatkan nilai variabel yang sama.

Variabel Global

Pengaturan awal mengatur semua variabel yang baru dibuat menjadi variabel global. Variabel global dapat dibaca dan diubah oleh semua sprite dan bahkan panggung.

Variabel Lokal

Pembuatan variabel lokal

Variabel lokal dibuat dengan cara yang sama dengan variabel global, tetapi pilihan “hanya untuk sprite ini” pada kotak pembuatan variabel dicentang. Variabel lokal hanya bisa diubah oleh sprite pemiliknya, tetapi bisa dibaca oleh sprite lain. Panggung tidak bisa memiliki variabel lokal.

Variabel lokal sangat berguna jika kamu ingin membuat sprite yang perlu digandakan dan kemudian diubah. Sebagai contoh, dalam permainan meletuskan gelembung, sprite “gelembung” harus dibuat menggunakan variabel lokal, karena variabel “kecepatan” dan lain-lainnya harus diprogram sendiri-sendiri. Karena setiap gelembung memiliki variabel “kecepatan” masing-masing, sprite-sprite tersebut tidak akan mengganggu antara satu sama lain, berbeda dengan jika variabel “kecepatan” adalah variabel global — semua sprite akan bergerak dengan "kecepatan" yang sama.

Warning Catatan: Dalam cloning, variabel lokal milik sebuah sprite akan ikut digandakan sehingga setiap buah clone memiliki variabel lokal tersendiri.

Variabel Cloud

Artikel utama: Data Cloud

Variabel cloud adalah variabel yang disimpan di dalam server. Ketika sebuah variabel cloud diperbarui, nilai itu akan disimpan sampai nilai tersebut diperbarui lagi. Variabel cloud mempunyai icon awan kecil di samping namanya.

Penggunaan

Tiga tampilan variabel yang berbeda.

Variabel digunakan ketika ada sebuah nilai yang harus disimpan — misalkan, ketika sebuah karya membutuhkan pengguna untuk memasukkan sebuah nama dan menyimpan nama itu, nama itu harus disimpan dalam sebuah variabel. Dengan ini, nama bisa diambil kapan saja; karya hanya harus mengecek nilai variabel (yang merupakan namanya).

Tampilan variabel bisa diganti dengan tiga jenis: normal, besar dan slider. Jenis tampilan variabel dapat diubah dengan double-click atau klik-kanan dan memilih pilihan yang diinginkan, atau mengkliknya menggunakan alat grow/shrink.

Kotak centang untuk menampilkan / menyembunyikan variabel.
Variabel dapat ditampilkan atau disembunyikan di panggung dengan mengklik kotak centang di papan variabel atau mengklik-kanan pada tampilan variabel dipanggung dan pilih sembunyikan.

Kalau tampilan diatur ke slider, mengklik-kanan pada tampilan variabel akan memberikan pilihan lain: set min dan max slider. Mengkliknya dapat memungkinkan pengguna mendefinisikan rentang variabel.

Kesalahan Pada Variabel

Variableglitch1.png
VariableGlitch2.png

Kamu dapat membuat kesalahan pada variabel dengan menamakan variabel sebagai: %d (drop-down sisipan arah/angka), %s (input teks). %m (drop-down variabel), %b (boolean), %n (input angka), atau %c (input warna). Hasil akan terlihat seperti gambar di sebelah kiri. Hal ini terjadi karena Scratch membaca tanda persen diikuti huruf tertentu sebagai sebuah argumen. Menamai variabel dengan @greenFlag atau @stop akan menampilkan bendera hijau atau tanda stop, seperti yang dapat dilihat di kanan. Juga, kode @turnRight dan @turnLeft akan menghasilkan tanda rotasi kanan dan kiri.

Trik-trik ini dulunya hanya bekerja pada Scratch 2.0. Kesalahan ini sudah diperbaiki pada Scratch versi v423.

Daftar

Artikel utama: Daftar

Sebuah daftar terdiri dari beberapa barang — setiap barang memiliki nilai seperti variabel. Daftar sangat berguna saat beberapa variabel diperlukan atau saat jumlah memori yang perlu disimpan tidak dapat ditentukan oleh program sebelum karya dijalankan.

Lihat Juga

Tautan Luar