Dari Scratch-Indo-Wiki

Tampilan informasi sebuah sprite ketika diklik di panel sprite, di mana nama dan gaya arah sprite bisa diubah.

Sprite adalah suatu obyek yang dibuat melakukan hal-hal di dalam suatu karya, entah dibuat sendiri, diunggah, atau ditemukan di pustaka sprite. Meski Panggung juga bisa diperintah untuk melakukan berbagai macam hal, secara umum karya memiliki paling sedikit satu sprite karena hanya sprite yang dapat bergerak.

Sprite bisa dihapus, digandakan, diunduh, dan dimunculkan/disembunyikan menggunakan menu yang akan keluar jika thumbnail di daftar sprite (di bawah panggung) diklik-kanan.

Membuat Sprite

Tombol-tombol pembuatan sprite.

Bagian di atas daftar sprite menyediakan empat tombol untuk pembuatan sprite baru, yang terdiri dari sebagai berikut:

  • Giga membukakan pustaka di mana kamu bisa memilih sebuah sprite.
  • Kuas membuatkan sebuah sprite baru yang kosong.
  • Folder memperbolehkanmu untuk mengunggah sprite dari komputermu.
  • Kamera memperbolehkanmu untuk membuat sprite baru menggunakan foto yang diambil oleh webcam.

Ketika suatu sprite dibuat, sprite tersebut akan ditempatkan di tempat acak di Panggung, biasanya sekitar pusatnya.

Skrip

Setiap sprite yang ada di suatu karya Scratch memiliki sebuah bagian khusus untuk skrip, yang disebut area skrip, di mana pengguna memberikan perintah kepada sprite (misalnya, menyuruhnya bergerak) dengan menyusun balok. Jika diklik, balok-balok di area tersebut akan bereaksi berdasarkan fungsi masing-masing.

Penampilan sprite juga bisa diubah mengunakan fitur kostum, yang selain lewat bisa diganti menggunakan skrip, juga bisa dengan cara mengklik tab "kostum" dan kemudian mengklik kostum yang diinginkan. Kostum baru bisa diimpor, dibuat dan diubah menggunakan Editor Gambar Scratch.

Beberapa sprite memiliki setidaknya satu suara. Tab suara memungkinkan kamu untuk menambah, menghapus, dan mengedit suara. Suara dapat dimainkan di editor suara atau dengan menggunakan balok-balok suara. Namun tidak seperti kostum, suara bersifat opsional, sehingga sprite diperbolehkan tidak memiliki suara apapun.

Sprite (termasuk semua skrip, kostum, dan suara yang bersangkutan) bisa diekspor, kemudian diimpor ke karya lain jika diinginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada sebuah thumbnail sprite di panel sprite dan kemudian memilih "simpan ke berkas lokal" (save to local file) pada menu yang muncul. Sebuah sprite juga boleh dimasukkan ke ransel untuk nantinya kembali digunakan di karya lain atau pemindahan. Menyimpan suatu sprite ke ransel tidak sama dengan mengunduhnya untuk disimpan di komputer.

Paket Sprite

Suatu paket sprite (sprite pack) adalah sebuah jenis karya yang biasanya berisi 10 - 30 sprite. Meskipun begitu, tidak ada batasan jumlah sprite pada sebuah paket skrip. Sebuah paket skrip biasanya memiliki sebuah tema, tapi tidak selalu. Contoh temanya termasuk mobil, kucing, dinosaurus, dll. Idealnya, seorang pengguna harus menyatakan terima kasih kepada pembuat asli jika dia menggunakan sprite dari paket sprite animasi, permainan atau karya apapun sari pengguna lain. Suatu paket sprite juga dapat dipanggil koleksi sprite (collection) untuk merujuk pada satu hal yang sama.

Paket sprite juga bisa ditemukan situs web lain dalam bentuk lembar sprite (spritesheet), yang harus terlebih dahulu disesuaikan sebelum bisa digunakan sebagai sprite di Scratch.

Mengganti Sprite Awal (Scratch 1.4)

Suatu karya yang baru dibuat akan secara default menyediakan sebuah sprite awal dengan gambar Kucing Scratch tanpa skrip. Sprite awal ini hanya bisa diganti di versi 1.4 dengan cara membuat spritemu sendiri lalu menyimpannya di dalam folder kostum dengan nama default.sprite.

Dalam Squeak

Di Squeak, sprite adalah sebuah instance dari ScriptableSpriteMorph, yang merupakan child dari ScriptableScratchMorph, sama seperti panggung.

Lihat Juga