Scratch

Rintisan.png
Artikel ini adalah sebuah rintisan. Artikel ini mungkin tidak lengkap, belum selesai, atau ada bagian yang hilang. Bila kamu dapat membantu memperbaiki artikel ini, lakukanlah! Mungkin ada ide dan saran di halaman pembicaraan.
Si Kucing Scratch, maskot resmi dari Scratch
Logo dari Scratch.

Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman yang tersedia bebas biaya dan dibuat oleh Lifelong Kindergarten Group dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dengan lebih dari 5 juta pengguna terdaftar.[1] Versi terbaru Scratch, Scratch 2.0 dapat digunakan secara online di sini atau diunduh di sini. (versi sebelumnya, Scratch 1.4, dapat diunduh di sini).

Scratch didesain agar mengasyikkan, edukatif, dan mudah untuk dipelajari. Scratch bisa digunakan untuk membuat cerita interaktif, permainan, seni (art), simulator, dan masih banyak lagi. Scratch bahkan mempunyai editor menggambar dan editor suara sendiri.

Pengguna dapat memprogram di Scratch dengan menarik dan menggeser balok-balok dari Palet Balok dan menggabungkan mereka ke balok lain seperti puzzle jigsaw. Struktur dari beberapa balok atau lebih disebut skrip. Metode pemrograman ini (menulis kode dengan balok) juga bisa disebut "pemograman geser dan menaruh”, atau, dalam Bahasa Inggrisnya, "drag and drop programming".

URL dari situs Scratch adalah https://scratch.mit.edu.

Penggunaan

Scratch digunakan di sekolah-sekolah di segala penjuru dunia sebagai media untuk mengenalkan pemrograman dasar ke anak-anak. Scratch juga digunakan di luar sekolah. Anak-anak, dan bahkan orang dewasa, menambah pengertian tentang berbagai bentuk pemrograman lewat Scratch. Di Indonesia, Scratch banyak digunakan kursus pemrograman komputer sebagai media pembelajaran.

Motto

Motto dari Scratch adalah "Imagine, Program, Share".

Referensi

  1. http://scratch.mit.edu/statistics/
  • Halaman ini terakhir diubah pada 2 Juli 2017, pukul 19.25.