Dari Scratch-Indo-Wiki

Informasi tambahan untuk sebuah remix yang dibuat dari remix.

Sebuah remix adalah sebuah modifikasi dari karya lain. Setiap kali kamu melihat ke dalam sebuah karya orang lain, membuat perubahan, dan menyimpannya, kamu membuat sebuah remix.

Saat sebuah remix dibagikan, sebuah informasi tambahan yang berbunyi "terima kasih kepada [pembuat karya asli] untuk: [judul karya asli] (Karya Asli)" bakal ditambahkan ke ujung informasi karya. Jika remix tersebut adalah sebuah remix dari remix, maka "terima kasih kepada [pembuat karya remix sebelumnya] untuk: [judul karya remix sebelumnya] (Karya Diremix)" juga bakal ditambahkan.

Dengan membagikan karyamu di situsweb Scratch, kamu memberikan izin kepada siapapun untuk memodifikasi karyamu — meremix — dan membagikannya. (Lihat bagian lisensi.)

Membuat Remix

Untuk membuat sebuah remix langsung di situs, seseorang bisa melakukan hal-hal berikut:

  1. Unduh karya yang diinginkan atau gunakan tombol "Lihat dalam" di halaman karya.
  2. Jika kamu melihat ke bagian atas di tempat letak tombol "Lihat halaman karya" kamu akan melihat sebuah tombol jingga dengan kata remix. Klik tombol ini.
  3. Buat perubahan yang dibutuhkan. Jika tidak ada perubahan yang dibuat atau tidak ada ucapan terima kasih yang diberikan, remix ini bisa dilaporkan seseorang.
  4. Bagikan karya tersebut.

Setelah dibagikan, karya tersebut akan menampilkan informasi yang berisi tautan ke karya awal, bertuliskan "Karya Asli [karya]". Semua orang diajak untuk memberikan terima kasih kepada pembuat karya asli di bagian catatan remix, meski sebagian orang merasa hal ini tidak perlu karena situs sudah otomatis melakukannya lewat penjelasan "Karya Asli" tadi.

Pohon Remix

Tombol pohon remix.
Sebuah pohon remix.

Pohon remix adalah sebuah fitur situsweb Scratch yang menampilkan kronologi modifikasi remix yang berawal dari satu karya. Untuk mengakses pohon remix sebuah karya, klik tombol pohon di bagian paling kanan panel karya.

Rantai Remix

Setiap karya yang diremix tentu saja diremix lagi. Sebuah runtutan remix yang dibuat dari remix lain dapat disebut sebuah rantai remix. Untuk seru-seruan, sebagian karya memang diciptakan untuk dijadikan rantai remix! Karya-karya ini dapat antara lain berbentuk karya "add yourself" (tambahkan dirimu) yang mengajak peremix untuk menambahkan karakter mereka sendiri.

Lisensi

Salah satu keinginan utama pembuat Scratch adalah membuatnya agar mudah dipelajari oleh pengguna baru dan digunakan untuk bereksperimen dengan dan mengembangkan karya yang bukan milik mereka sendiri.[1]

Semua karya di situs web dilisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-Share Alike[2], yang memperbolehkan siapapun untuk meremix dan membagikan karya apapun yang telah dipublikasikan di situsweb Scratch tanpa izin pemilik aslinya.

Budaya

Baris di Halaman Depan

Salah satu baris karya di halaman depan, "Apa yang Di-remix oleh Komunitas" menampilkan karya-karya yang paling banyak diremix selama sepuluh hari terakhir.

Tema Studio Desain Scratch

Pada 16 Februari, 2016, tema Studio Desain Scratch yang baru, "Remix-a-thon", mengajak pengguna untuk me-remix salah satu dari tiga karya tersedia yang sudah dibuat sebelumnya.

Rujukan

  1. https://pdfs.semanticscholar.org/51c3/8b75f38272f8ee0088eaa87efe8d41d30fee.pdf
  2. https://scratch.mit.edu/info/faq