Daftar

Sebelum seorang pengguna bisa memakai daftar, dia harus membuat satu dulu menggunakan tombol Buat Sebuah Daftar.

Daftar (Bahasa Inggris: list) adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa informasi secara bersamaan, atau juga dapat diartikan sebagai sebuah variabel yang berisi beberapa variabel lagi. Balok-balok daftar dapat ditemukan di palet Balok Data.

Struktur daftar terdiri dari pasangan-pasangan angka (number) dan benda (item). Dalam sebagian bahasa pemrograman, fitur tersebut dapat disamakan dengan struktur data array.

Balok-Balok Daftar

Ada sepuluh balok daftar; semuanya berwarna jingga-kemerahan gelap.

Balok-balok yang bisa digunakan untuk mengatur keadaan daftar adalah sebagai berikut.

Fitur

Tampilan dari sebuah daftar contoh yang berisi tujuh benda.

Benda-benda daftar juga bisa diatur secara manual (tanpa menggunakan pemrograman):

  • menambahkan benda — klik tombol (+) di bagian kiri bawah daftar.
  • mengubah benda — klik isi benda tersebut lalu ketik.
  • menghapus benda — klik benda tersebut lalu klik tombol (x) di bagian paling kanan benda.
  • mengubah urutan benda-benda — secara manual tidak bisa dilakukan secara langsung, karenanya gunakan hanya pengubahan atau kombinasi menghapus dan menambahkan.

Selain itu, isi daftar juga bisa diunggah atau diunduh menggunakan fitur impor/ekspor daftar dalam bentuk berkas teks (.txt). Klik-kanan daftar tersebut lalu klik tombol impor atau ekspor di menu yang muncul.

Keterbatasan

Tidak ada batas pada panjang sebuah benda atau jumlah benda didalam daftar, selain dari jumlah yang dapat membuat Scratch crash. Namun, kamu mungkin tidak dapat menyimpan karya Scratch online jika daftar kamu memakan waktu terlalu lama untuk diunggah, karena Scratch akan emunculkan sebuah kesalahan jaringan setelah sekitar 30 detik. Beberapa daftar perlu berisi banyak informasi, tetapi sebuah kamus dengan 350.000 kata bahasa Inggris mungkin akan gagal disimpan dan 250.000 kata akan berhasil disimpan. Hal ini disebabkan karena daftar disimpan dua kali di sumber JSON.

Contoh Penggunaan

Sebagian contoh penggunaan untuk daftar dan fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

  • mencatat nilai-nilai tertinggi (high scores)
  • merekam lebih dari satu nilai sekaligus, misalnya untuk tempat penyimpanan (seperti yang dicontohkan gambar paling atas artikel ini)
  • menyimpan informasi data gambar (misalnya untuk non-photorealistic rendering)[1]
  • perhitungan (calculation)
  • enkripsi/dekripsi dan pemecahan cipher[2]
  • kecerdasan buatan

Beberapa karya-karya contoh yang menggunakan daftar adalah:

Daftar Cloud

Daftar cloud (Bahasa Inggris: Cloud List) adalah fitur percobaan pada versi alpha dan versi beta Scratch 2.0 yang kemudian dinonaktifkan pada peluncuran Scratch 2.0.

Nilai dari daftar cloud disimpan di server Scratch; inilah satu-satunya perbedaan antara daftar cloud dan daftar biasa. Saat sebuah daftar cloud diperbarui atau diubah, nilainya di server juga berubah. Hal ini membuat daftar cloud mudah dipakai untuk hal-hal seperti daftar skor tertinggi (high score) publik. Banyak pengguna menginginkan daftar cloud kembali karena akan membuat kegiatan "coding" mereka menjadi lebih mudah.[3]

Rujukan

  1. https://scratch.mit.edu/studios/1440810/
  2. https://scratch.mit.edu/projects/143902941/
  3. https://scratch.mit.edu/discuss/topic/85970/?page=1#post-744420
  • Halaman ini terakhir diubah pada 30 Mei 2017, pukul 10.53.