Dari Scratch-Indo-Wiki

Sebuah penjelasan visual dari cara kerja cloning. Clone dari sprite induk bisa berbeda, seperti yang ditunjukkan variasi ekspresi wajah.

Cloning atau kloning adalah sebuah fitur dari Scratch yang memungkinkan suatu sprite untuk membuat clone atau duplikat dari dirinya saat karya sedang berjalan. Hal tersebut dapat berguna dalam berbagai permainan, sebagai contoh tower-defense, untuk obyek-obyek yang bergerak. Suatu clone dari sebuah sprite akan terlihat sama seperti aslinya atau sprite induk (parent), tetapi berfungsi seperti sprite terpisah. Clone mewarisi skrip, kostum, suara, dan lain-lainnya dari sprite induk.

Clone dibatasi pada maksimum 300 buah per karya untuk mencegah crash (atau juga biasa disebut nge-hang).[1]

Balok Cloning

Di Scratch 2.0, ada tiga balok yang berhubungan dengan cloning. Semuanya dapat ditemukan di palet Kontrol.

buat clone dari ()

buat clone dari ().png

Balok ini akan membuatkan sebuah clone dari sprite yang ditentukan. Versinya pada pre-alpha yang ditampilkan pada Scratch Day 2011 tidak memiliki drop-down yang memungkinkannya untuk memilih sebuah sprite.

Balok tersebut juga dapat digunakan untuk cloning lewat recursion.

ketika aku mulai sebagai clone

ketika aku mulai sebagai clone.png

Balok Topi ini dijalankan saat sebuah clone dibuat. Skrip ini hanya berjalan pada clone yang baru dibuat tersebut, bukan clone-clone sebelumnya maupun clone induk.

hapus clone ini

hapus clone ini.png

Balok ini menghapus clone tersebut.

Duplikasi Sprite

Tidak untuk disamakan dengan cloning, sprite dapat digandakan lewat dua cara:

  • Klik kanan sebuah sprite di bagian area sprite atau panggung, dan pilih "duplikat".
  • Pilih alat duplikat (yang terlihat seperti alat cap) di atas area panggung dan kiri tombol presentasi. Lalu klik sprite yang kamu ingin duplikat.

Kegiatan ini akan membuat sprite baru tersebut muncul di area sprite dengan kostum, skrip, dan suara yang sama dengan sprite aslinya.

Penggunaan Variabel

Variabel global (jika kotak centang "hanya untuk sprite ini" tidak dipilih saat pembuatan sprite) yang sama untuk semua sprite juga sama untuk semua clone.

Namun untuk variabel lokal (jika kotak centang "hanya untuk sprite ini" dipilih saat pembuatan sprite) yang hanya dapat digunakan oleh satu sprite, variabel lokalnya akan diturunkan dari sprite induk dan digandakan hanya untuk clone tersebut. Jadi setiap clone punya variabel tersendiri-sendiri.

Hal ini berguna terutama untuk mengidentifikasi clone-clone secara terpisah atau memberikan nilai variabel yang berbeda-beda untuk setiap clone, contohnya antara lain untuk kecepatan.

Cloning di Scratch Modifikasi

Ada dua tipe kloning yang diimplementasikan dalam modifikasi Scratch yang berbeda. Mereka sering disebut sebagai "cloning tipe panther“, dan ”cloning tipe BYOB".

Dalam cloning tipe-Panther, clone mengikuti skrip induk, tetapi hanya tiruan dari itu, bukan sprite yang baru. Sprite lain dapat mendeteksi clone, menggunakan blok Menyentuh ()?, dengan induk sebagai argumen.

Kode untuk cloning gaya Panther sebenarnya diimplementasikan dalam Scratch 1.4, mengisyaratkan bahwa itu adalah fitur yang terencana, tapi tidak ditambahkan.Scratch 2.0 menggunakan tipe kloning.

Dalam cloning tipe-BYOB, clone adalah sprite baru dalam daftar sprite, dengan data diedit semua sendiri. Clone diciptakan dengan blok Operator “(clone)”, yang membuat clone dari sebuah sprite dan laporan referensi untuknya,yang kemudian dapat digunakan untuk mengontrolnya.

Rujukan

  1. http://scratch.mit.edu/discuss/post/13617/