Dari Scratch-Indo-Wiki


Belajar Menggunakan Halaman Pembicaraan


Halaman pembicaraan adalah sebuah fitur kunci dari Scratch Wiki, menawarkan kemampuan untuk berdiskusi tentang berbagai artikel dan lainnya dengan kontributor yang lain. Halaman pembicaraan tidak boleh digunakan untuk chatting atau ngobrol bebas (chat room), soapbox, battleground ataupun untuk perdiskusian yang terlalu umum (general) tentang suatu topik artikel.

Jika kamu punya suatu pertanyaan, kecemasan, atau komentar yang berhubungan dengan memperbaiki suatu artikel, tinggalkan sebuah catatan di halaman pembicaran artikel tersebut, tidak langsung di artikelnya sendiri. Kamu dapat membuka halaman pembicaraan suatu artikel dengan cara mengklik tab "pembicaraan" di bagian kanan-atas halaman. Jangan khawatir jika tautan tersebut ditampilkan berwarna merah; tidak apa-apa membuat halaman pembicaraan jika halaman tersebut belum ada atau dibuat.

Jika kamu ingin menjawab komentar orang lain, taruh komentarmu di bawah komentar mereka. Kamu harus meng-indent komentarmu dengan benar (lihat bagian di bawah). Jika kamu tidak sedang menjawab orang lain, tapi memposting sesuatu yang benar-benar baru, klik tombol pensil biru di bagian kanan-atas halaman pembicaraan dan klik "+" untuk membuat sebuah bagian baru, yang secara otomatis akan muncul di paling bawah halaman pembicaraan.

Kamu harus selalu menandai komentarmu dengan mengetik ~~~~ di akhir setiap komentarmu. Kemudian, saat kamu mengklik "Simpan halaman", tanda tanganmu akan dimasukkan secara otomatis. Jika tidak, komentarmu akan tetap terlihat tetapi tanpa namamu. (Untuk kemudahan, ada tombol di atas kotak tempat mengedit dengan gambar tanda tangan yang bisa menaruh "--~~~~" bila diklik.

Halaman Pembicaraan Pengguna

Setiap editor (semua orang yang mempunyai akun di wiki ini) punya sebuah halaman pembicaraan pengguna di mana kontributor lain dapat meninggalkan pesan. Jika seseorang telah meninggalkanmu suatu pesan, kamu akan melihat pemberitahuan di atas halaman-halaman Scratch-Indo-Wiki (jika kamu telah masuk — login ) yang mengatakan "Anda mempunyai pesan baru" dengan tautan ke halaman pembicaraan penggunamu, seperti yang dapat dilihat di bawah ini:

Anda-Punya-Pesan-Baru.png

Kamu dapat menjawab dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan cara menaruh jawabanmu di halaman pembicaraan orang yang sedang kamu respon, agar mereka mendapatkan pemberitahuan tentang pesanmu. Yang kedua adalah dengan cara menjawab di halaman pembicaraanmu sendiri, tepat di bawah pesan yang sedang kamu jawab. Kedua cara ini biasa digunakan di Scratch Wiki.

Namun, ingatlah bahwa merespon di halamaan pembicaraanmu sendiri mengandung resiko responmu tidak akan dilihat orang tersebut jika mereka tidak membuka halaman pembicaraanmu lagi. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, sebaiknya kamu menaruh sebuah pemberitahuan di bagian atas halaman pembicaraanmu agar orang tahu bahwa mereka harus memperhatikan halaman pembicaraanmu untuk melihat jawabanmu, dan bukannya di halaman pembicaraannya mereka sendiri.

Indentasi

Indentasi (Bahasa Inggris: Indentation) adalah suatu cara untuk menyusun serta memperbaiki layout suatu perdiskusian, membuatnya lebih mudah dan nyaman untuk dibaca. Cara standar yang digunakan adalah dengan mengindentasi jawabanmu satu level lebih dalam daripada pesan orang yang sedang kamu jawab.

Ada beberapa cara untuk mengindentasi di Scratch Wiki:

Indentasi sederhana

Cara yang paling sederhana untuk mengindentasi adalah dengan menempatkan sebuah kolon (:) di bagian awal suatu baris. Semakin banyak kolon yang ditempatkan, teks tersebut akan diposisikan semakin jauh ke kanan. Baris baru (dengan menekan Enter atau Return) menandai akhir dari sebuah paragraf yang terindentasi. Jika suatu pembicaraan menggunakan terlalu banyak indentasi, kamu dapat menggunakan {{outdent}} untuk meneruskan tanpa menggunakan terlalu banyak indentasi. Ini dianjurkan ketika suatu diskusi telah mencapai 6 atau 7 indentasi.

Sebagai contoh:

Ini diposisikan paling kiri.
: Ini dimajukan sedikit.
:: Ini dimajukan lebih lagi.
::: Ini dimajukan lebih lagi.
:::: Ini dimajukan lebih lagi.
::::: Ini dimajukan lebih lagi.
:::::: Ini dimajukan lebih lagi.
{{outdent|::::::}}Ini adalah sebuah outdent.

akan ditampilkan sebagai berikut:

Ini diposisikan paling kiri.
Ini dimajukan sedikit.
Ini dimajukan lebih lagi.
Ini dimajukan lebih lagi.
Ini dimajukan lebih lagi.
Ini dimajukan lebih lagi.
Ini dimajukan lebih lagi.

Templat:outdentIni adalah sebuah outdent.

Poin peluru

Kamu juga dapat mengindentasi menggunakan poin-poin bullet, atau peluru. Untuk menyisipkan sebuah poin peluru (ketika suntinganmu telah disimpan), ketik sebuah tanda asterisk (*). Seperti indentasi sederhana, lebih banyak asterisk berarti lebih banyak indentasi.

Seperti contoh:

* Item daftar pertama
* Item daftar kedua
** Item sub-daftar di bawah item kedua
* Item daftar ketiga

Yang akan ditampilkan sebagai berikut:

  • Item daftar pertama
  • Item daftar kedua
    • Item sub-daftar di bawah item kedua
  • Item daftar ketiga

Item bernomor

Kamu juga dapat membuat daftar bernomor. Untuk ini, gunakan tanda nomor atau "octothorpe" atau lebih dikenal sebagai "pagar" (#). Pada umumnya ini digunakan untuk pemungutan suara (voting), dan cukup langka dalam keadaan lain. Lagi, kamu dapat mempengaruhi indentasi suatu nomor oleh jumlah # yang kamu gunakan.

Sebagai contoh:

# Item Pertama
# Item Kedua
## Sub-item di bawah item kedua
# Item ketiga

Muncul sebagai berikut:

  1. Item pertama
  2. Item Kedua
    1. Sub-item di bawah item kedua
  3. Item ketiga

Eksperimen

Bereksperimenlah! Kali ini, alih-alih menggunakan Bak Pasir, tinggalkan suatu pesan di halaman pembicaraan dengan cara meng-klik "Bicarakan halaman ini" atau "Pembicaraan". Jangan lupa untuk menandatangani setiap postingan dengan nama penggunamu. Kamu mungkin ingin mencoba menanggapi postingan orang lain. Ingat, kamu sebaiknya menggunakan "Lihat pratayang" untuk melihat apakah formatmu benar sebelum kamu menyimpannya.

Kamu dapat mencoba menggunakan halaman pembicaraan halaman ini


← Sebelumnya: Belajar Menambahkan ReferensiSelanjutnya: Belajar Menyunting Sendiri